Tindakan Bedah Vaskular

Tindakan Bedah Vaskular

Bedah vaskular adalah tindakan pembedahan yang dapat menyelamatkan hidup yang dilakukan pada bagian vaskular atau sistem peredaran darah untuk mengobati penyakit tertentu seperti stoke dan aneurisme. Untuk memahami mengapa tindakan ini terkadang dilakukan, perlu diketahui terlebih dulu cara kerja sistem peredaran darah.


Darah adalah salah satu bagian paling penting pada tubuh, sebab ia membawa nutrisi ke sel-sel berbeda berfungsi sebagai jalan bebas hambatan. Bagian lain dari sistem peredaran darah, antara lain arteri, vena, kapiler (atau yang secara umum disebut pembuluh darah).


Arteri adalah pembuluh darah yang membawa darah dari jantung ke bagian tubuh lain. Darah kemudian kembali ke jantung melalui vena. pembuluh yang membawa darah menuju jantung. Di antara arteri dan vena, terdapat kapiler yang mengantarkan darah ke bagian tubuh lainnya.


Sistem ini juga termasuk jantung, yang merupakan komponen inti, organ maskular berongga yang dapat ditemukan di antara paru-paru, organ ini memompa darah di antara biliknya. Sistem limfatik bekerja bebarengan dengan sistem vaskular, sebab limfa terdiri dari darah dan air. Fungsinya menjaga cairan limfatik berada dalam jumlah yang tepat, dengan mengeringkannya secara konstan.


Namun, terkadang, salah satu atau beberapa sistem ini mengalami kerusakan karena:

1. Gaya hidup tidak sehat – merokok dan makan sembarang makanan dapat meningkatkan risiko stenosis (penyumbatan pembuluh darah) karena plak menumpuk pada dindingnya.

2. Usia lanjut – dengan usia lanjut, seseorang memiliki risiko lebih mengalami penyakit terkait vaskular, termasuk stroke dan aneurisme.

3. Varises di kaki/dibagian anggota tubuh lainnya

4. Cedera yang menyebabkan trauma fisik pada bagian tubuh manapun

5. Kehadiran penyakit lain seperti kanker dan diabetes.


Dokter spesialis bedah umum konsultan Vascular dan Endovascular dapat menangani kasus-kasus pembuluh darah, seperti :

    • Varises pada kaki/bagian tubuh lain

    • Aneurisme arteri

    • Sterosis pembuluh darah


Dr. Akhmadu, PhD, Sp.BV(K)

Dokter Spesialis Bedah Umum Konsultan Vascular dan Endovascular

RS Hermina Bekasi

Jadwal Praktek :

Senin : 18.00 – 20.00 WIB

Rabu : 18.00 – 20.00 WIB

Kamis : 18.00 – 20.00 WIB

Sabtu : 14.00 – 16.00 WIB



Call Centre : 1500.488 / 021.80618050

Mobile Apps : Hermina Hospital Group (Tersedia untuk iOS dan Android)

www.herminahospitals.com