Varises Vena Tungkai Bukan Problem Kosmetik

Varises Vena Tungkai Bukan Problem Kosmetik

Varises vena tungkai adalah suatu kondisi dimana terjadi pelebaran vena yang berbelok belok ditungkai yang terjadi akibat kelemahan dinding vena dan tidak berfungsinya katup vena.

Banyak orang yang beranggapan bahwa varises vena bukan suatu masalah yang serius, termasuk praktisi kesehatan seperti dokter. Mereka beranggapan bahwa varises vena adalah suatu masalah kosmetik yang mengganggu penampilan sehingga banyak penderita yang tidak dirujuk ke spesialis (bedah) vaskular akibatnya penderita datang dalam keadaan yang lebih berat dan dapat menimbulkan komplikasi yang bahkan bukan hanya menimbulkan kesakitan tetapi bahkan dapat menyebabkan suatu kematian.

Keluhan penderita :
a. Pegal dan berat pada tungkai,
b. Gatal gatal
c. Perasaan terbakar pada pergelangan kaki
d. Benjolan seperti cacing
e. Perubahan bentuk kulit pada pergelangan kaki
f. Pada kondisi ringan warna pergelangan kaki berubah menjadi lebih gelap (hiper pigmentasi), g. Dermatitis
h. Luka pada pergelangan kaki.
i. Bengkak berulang pada kaki terutama timbul jika tungkai tergantung lama. Kondisi ini berbahaya karena stasis lama bisa mengakibatkan timbulnya bekuan darah ditungkai yang dapat lepas ke paru dan mengakibatkan kematian mendadak.

dr. Irwan Mulyantara, Sp.B (K)V merupakan Dokter Spesialis Bedah Konsultan Vaskular Endovaskular di RS Hermina Ciruas yang dapat teman Hermina temui pada jam prakteknya di hari :

Senin : 13.00 - 15.00 WIB
Rabu : 13.00 - 15.00 WIB
Kamis : 13.00 - 15.00 WIB

Jika Teman Hermina mengalami keluhan diatas segera berkonsultasi dengan dokter Spesialis tersebut untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Sehat bersama RS Hermina.

Hermina Hospitals :
Mobile Apps : PT Medikaloka Hermina Tbk (Tersedia untuk iOS dan Android)
www.herminahospitals.com