Varises Vena Tungkai Bukan Problem Kosmetik

Varises Vena Tungkai Bukan Problem Kosmetik

Varises Vena Tungkai


  1. Hal hal yang perlu diketahui tentang varises vena tungkai

Banyak orang yang beranggapan bahwa varises vena bukan suatu masalah yang serius, termasuk praktisi kesehatan seperti dokter. Mereka beranggapan bahwa varises vena adalah suatu masalah kosmetik yang mengganggu penampilan sehingga banyak penderita yang tidak dirujuk ke spesialis (bedah) vaskular akibatnya penderita datang dalam keadaan yang lebih berat dan sudah menimbulkan komplikasi yang bahkan bukan hanya menimbulkan kesakitan tetapi bahkan dapat menyebabkan suatu kematian.


  1. Apa itu varises vena tungkai

Varises vena tungkai adalah suatu kondisi dimana terjadi pelebaran vena yang berbelok belok ditungkai yang terjadi akibat kelemahan dinding vena dan tidak berfungsinya katup vena.


  1. Penyebab dan faktor faktor resiko

Penyebab dari varises vena tungkai ini multifaktorial.

  1. Faktor genetik

  2. Pola hidup

  3. Faktor hormonal


  1. Keluhan dan gejala

Kejadian ini lebih sering pada wanita dibandingkan laki laki, diduga karena peranan hormonal dan kehamilan berulang pada perempuan. Diduga terdapat sekitar 15% populasi menderita varises vena.


Keluhan penderita

  1. Pegal dan berat pada tungkai,

  2. Gatal gatal

  3. Perasaan terbakar pada pergelangan kaki

  4. Benjolan seperti cacing

  5. Perubahan bentuk kulit pada pergelangan kaki

  6. Pada kondisi ringan warna pergelangan kaki berubah menjadi lebih gelap ( hiper pigmentasi),

  7. Dermatitis,

  8. Luka pada pergelangan kaki.

  9. Bengkak berulang pada kaki terutama timbul jika tungkai tergantung lama. Kondisi ini berbahaya karena stasis lama bisa mengakibatkan timbulnya bekuan darah ditungkai yang dapat lepas ke paru dan mengakibatkan kematian mendadak.


Bagaimana mendiagnosa


Pasien didiagnosa melalui keluhan dan pemeriksaan fisik. Pemeriksaan penunjang yang sangat membantu adalah pemeriksaan ultrasonografi. Strategi pengobatan ditentukan dengan mengetahui secara jelas kondisi penyakit pasien dan penyebab varisesnya. Jika ditemukan kerusakan vena dalam dari pemeriksaan fisik dan diperkuat dengan ultrasonografi maka tidak boleh dilakukan operasi pada pasien, karena operasi malahan akan memperberat kondisi pasien.


Pengobatan


Pengobatan ditujukan untuk mengurangi keluhan dan membuang vena yang sudah rusak, karena jika tidak ditangani secara benar maka kerusakan vena akan berlanjut terus.


Banyak pilihan pengobatan :

  1. Konservatif ( medical stocking )

  2. Injeksi skleroterapi

  3. Pengobatan minimal invasif ( EVLT, RFA )

  4. Operasi pembedahan terbuka.


Pembedahan


Ligasi pembuluh darah dan stripping vena

Pada prosedur ini dilakukan insisi kecil pada daerah lipat paha dan diidentifikasi pertemuan vena safena magna dengan vena femoralis. Pada tempat ini dilakukan pengikatan dan pemotongan. Tungkai bawah didentifikasi vena safena magna, dilakukan sayatan kecil dan halus, kemudian kawat stripper didorong keatas dan diikatkan dengan puntung pembuluh darah lipat paha yang akan dibuang.


Flebektomi

Pada prosedur ini dilakukan pembuangan vena vena permukaan kulit yang sudah rusak. Pada prosedur ini dilakukan insisi kecil pada pembuluh darah yang rusak, kemudian dengan hook dilakukan pengambilan vena yang rusak.


Pengobatan radiofrekuensi ablasi atau endovenous laser

adalah suatu metode pengobatan minimal invasif dengan menggunakan radiofrekuensi atau sinar laser langsung kedalam vena. Prosedur ini mengakibatkan terjadinya ablasi atau penutupan sistem vena yang patologis di tungkai. Prosedur ini dikerjakan oleh spesialis bedah vaskular dan endovaskular di rumah sakit atau bisa juga di klinik. Ini bisa dikerjakan di klinik, karena bisa dikerjakan dengan anestesi lokal dan relatif aman. Pasien bisa pulang sesudah pengobatan. Atau paling lambat sehari sesudah pengobatan. Ini adalah salah satu perbedaan utama dengan prosedur operasi biasa yang memerlukan anestesi dan pasien memerlukan rawatan beberapa hari untuk pulih kembali.


Pembiusan: Loka, regional, umum


Komplikasi

Tanpa pengobatan maka varises akan berlanjut menyebabkan nyeri, bengkak pada tungkai, perubahan warna kulit, penebalan kulit dan jaringan bawah kulit, dan dermatitis. Pada keadaan lebih berat dapat terjadi luka pada pergelangan kaki, dapat timbul tromboflebitis. Jika terjadi trombosis vena dalam dapat timbul kematian akibat bekuan darah yang lepas arteri pulmonalis di paru.



dr. Romzi Karim, Sp.B(K)V

Spesialis Bedah Konsultan Vaskular Endovaskular RS Hermina Pasteur


Hermina Hospitals :
Mobile Apps : PT Medikaloka Hermina Tbk (Tersedia untuk iOS dan Android)
www.herminahospitals.com