Kurus Berambut Merah Apakah Tanda dari Anak terkena Cacingan?

Kurus Berambut Merah Apakah Tanda dari Anak terkena Cacingan?

Cacingan merupakan penyakit yang pada saat awal terjangkit, tidak menunjukkan gejala apapun. Hingga beberapa tahun kemudian, pada tingkat ringan, penderita akan mengalami penurunan nafsu makan, kurang konsentrasi, anemia, berat badan susah naik, serta gangguan di pertumbuhan

Berbicara soal ciri-ciri cacingan, selama ini anak yang memiliki tubuh kurus serta rambut merah, kerap dikaitkan oleh masyarakat Indonesia dengan penyakit cacingan.

Namun rambut merah dan kusut atau yang lebih dikenal dengan istilah rambut jagung adalah tanda dari gizi buruk.

Gizi buruk bisa disebabkan oleh banyak faktor, dimana salah satunya adalah penyakit cacingan akut. Namun bukan berarti seseorang yang memiliki rambut jagung sudah pasti cacingan. Cacing-cacing di dalam perut memang menggerogoti vitamin dan mineral, serta zat gizi lainnya yang sebenarnya dibutuhkan untuk pertumbuhan anak.

Dalam tingkat akut, seseorang yang terkena cacingan akan mengalami perut buncit, badan kurus, berat badan susah naik, diare berdarah, muka kusam, serta gizi buruk. Jika anak anda mengalami gejala tersebut, segera temui dokter untuk penanganan lebih lanjut.

Gizi buruk tersebut dapat membuat penderita memiliki rambut merah serta kusut. Namun perlu diingat sekali lagi, bahwa tidak semua gizi buruk hanya disebabkan oleh cacingan.


dr. Novac Mahayu D, Msi Med, Sp.A

RS Hermina Banyumanik


Jadwal Praktek :

Senin :  11.00 - 15.00 Wib

Selasa : 08.00 - 14.00 Wib

 Rabu :   09.30 - 14.30 Wib

Kamis : 09.30 - 14.30 Wib

Jum'at : 08.00 - 13.00 Wib

Sabtu : 09.00 - 14.00 Wib


Call Centre : 1500.488 / 021.80618050

    www.herminahospitals.com